Keeksotisan Objek Wisata Pura Tirta Sudamala di Bebalang Bangli Bali

Ada banyak hal menarik dari Objek Wisata Pura Tirta Sudamala di Bebalang Bangli Bali ini. Banyak masyarakat sekitar Pura Tirta Sudamala yang percaya jika mata air yang mengalir di pancuran Pura memiliki beberapa khasiat khusus. Jadi selain tempat untuk berlibur, banyak yang datang ke tempa ini untuk mencari berkah.

Objek Wisata Pura Tirta Sudamala terletak di Desa Bebalang, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali. Pura Tirta Sudamala ini bisa dikatakan sebagai salah satu destinasi wisata paling rekomended pada saat Anda kebetulan tengah berlibur di Bangli Bali. Memangnya semenarik apa Pura Tirta Sudamala yang ada di Desa Bebalang ini?

Bagi yang lebih suka berwisata ke tempat yang masih sangat alami, Pura Tirta Sudamala adalah tempat yang sangat cocok untuk Anda. Berada di tengah lebatnya alam dengan pohon-pohon hijau yang mengelilinya, jauh dari keramaian, suasananya tampak asri dan alami yang mampu memberikan kesan kedamaian.

Selain itu, Pura Tirta Sudamala ini mampu menyuguhkan nuansa spiritual yang sangat kental, terkesan begitu damai, memiliki air pancuran yang mengalir begitu jernih, dan luar biasanya tidak pernah kering meskipun saat musim kemarau sekalipun. Di tempat ini juga banyak tebing-tebing yang mampu menyuguhkan pemandangan yang begitu indah.

Foto : punapibali.com

Objek Wisata Pura Tirta Sudamala di Bebalang Bangli ini juga memiliki sebuah air pancuran yang mengalir dari mata air alam yang ada di sekitar pohon bunut besar yang ditaksir sudah berumur ratusan tahun. Dan banyak yang percaya jika air tersebut memiliki khasiat tersendiri.

Selain sebagai tempat untuk melukat, airnya juga sering dikonsumsi untuk kebutuhan air minum oleh warga setempat. Sedangkan air jernih yang mengalir ke sungai sering dimanfaatkan warga setempat untuk mandi. Di sana air mengalir cukup deras dari pancuran, terlebih lagi pancuran yang lebih tinggi.

Di Pura Tirta Sudamala ini setidaknya terdapat 11 buah pancuran, 9 pancuran berada lebih tinggi dan yang 2 lebih rendah. Pancuran di Pura Tirta Sudamala ini dipercaya oleh warga sekitar sebagai tempat untuk melukat, mensucikan diri secara jasmani dan juga rohani, serta untuk menghilangkan pengaruh-pengaruh buruk seperti halnya ilmu hitam.

Fasilitas di Pura Tirta Sudamala

Di dekat tempat wisata ini, ada rumah makan yang bisa Anda tuju. Tepat sekali jika Anda datang di siang hari. Sembari menikmati nuansa sri di lokasi, Anda juga bisa memasan menu makan siang khas Bali.

Disediakan juga tempat istirahat. Jadi, ketika Anda sudah lelah berkeliling sekitar tempat wisata ini, Anda bisa berisitirahat di tempat yang sudah disediakan.

Bagi Anda yang beragama Hindu, Andajuga bisa menyempatkan waktu untuk beribadah di sana. Ada tempat ibadah khusus untuk pemeluk agama Hindu.

Transportasi ke Pura Tirta Sudamala

Untuk Anda yang belum terlalu familier dengan daerah Bangli dan sekitarnya, pastinya akan cukup bingung saat menuju ke lokasi Pura Tirta Sudamala. Dan jika Anda membawa kedaraan pribadi, Anda bisa meminta panduan arah dari Google Maps saat menuju ke Pura Tirta Sudamala.

Akan tetapi jika Anda memutuskan untuk menggunakan kendaraan umum, maka Anda bisa berhenti di terminal bus kota Bangli. Kemudian setelah itu Anda bisa melanjutkan dengan naik ojek ataupun kendaraan umum lainnya untuk menuju Desa Bebalang.

Demikianlah ulasan singkat mengenai salah satu objek wisata yang ada di Bangli Bali. Dengan berwisata ke Objek Wisata Pura Tirta Sudamala, selain berlibur Anda juga bisa sekaligus bersih-bersih jiwa dan raga Anda di pancuran-pancuran yang ada di Pura Tirta Sudamala.