Puri Saren Ubud

Bali memiliki wisata budaya dan sejarah kerjaan Ubud yang dikenal dengan istana Puri Saren Ubud yang sangat menarik untuk dilewatkan. Anda akan menemukan bukti peninggalan masa lampau Bali yang masih dilestarikan hingga sekarang. Pesona istana makin terlihat indah dari setiap sisi bangunan yang masih terjaga detailnya.

Jika di telisik dari sejarah istana ini dulunya merupakan pusat pemerintahan dari kerajaan Ubud yang menjadi bukti dari kejayaan di kerajaan tersebut pada masanya. Hingga kini masyarakat masih sangat perduli untuk menjaga bentuk istana agar selalu nampak seperti aslinya. Bangunan tradisional Bali yang dipadukan dengan seni ukir khas Bali menjadi objek menarik yang bisa Anda nikmati di sini.

Bagi Anda yang sedang mencari lokasi wisata dengan nilai sejarah dan budaya yang tinggi wisata Puri Saren Ubud ini sangat tepat untuk Anda kunjungi. Tidak perlu khawatir untuk lokasi, Anda hanya perlu menuju ke pusat kota Ubud dan terletak di jalan raya utama yang ramai pengunjung. Lebih tepat lagi Anda bisa menemukannya di depan Pasar Seni Ubud. Lokasi ini bisa ditempuh kendaraan hanya dalam waktu 45 menit dari Denpasar.

baca juga : Harga Tiket ATV Single / Tandem Lewat Online

Pesona Keindahan Istana Puri Saren di Ubud Bali

Sumber : https://www.instagram.com/p/BPthoiEAGpy/

Awal memasuki lokasi wisata Puri Saren Ubud ini Anda akan dimanjakan dengan dinding gapura Paduraksa Istana yang sangat megah. Dinding yang berbahan batu bata merah dengan ketebalan 1 meter ini memiliki ukiran dan relief yang indah di pandang. Ukiran tradisional khas Bali inilah yang menjadi ciri khas utama dari bangunan bersejarah ini.

Tidak hanya itu dari setiap pintu masuk Anda akan langsung disambut oleh patung-patung yang kaya akan nilai seni yang estetik. Belum lagi keunikan setiap pintu kayu keemasan yang memiliki ukiran tradisional dengan sangat artistik. Anda bisa menikmati keindahan dari pesona keindahan istana ini dengan bale-bale yang sangat nyaman.

baca juga : Melihat Keindahan Alam Bawah Laut Labuhan Amuk Via Kapal Selam

Budaya yang Dilestarikan di Istana Puri Saren

Uniknya lagi jika Anda memilih untuk berkunjung ke wisata Puri Saren Ubud ini maka Anda tidak hanya mendapatkan pesona bangunan yang indah saja. Ada pementasan seni tari yang merupakan pelestarian budaya yang diselenggarakan di istana ini. Anda bisa menikmati pagelaran tarian secara bergilir dimulai pukul 19.30 WITA.

Hari Senin tarian Legong, hari Selasa tari Ramayana Ballet, hari Rabu Lengong dan Barong, Kamis tarian Legong, hari Jum’at tari Barong dan Keris, lalu hari sabtu tarian Lengong sedangkan minggu ada tarian Legong Mahabarata. Istana bersejarah ini dibangun oleh Tjokorda Ida Putu Kandel yang pada saat itu memerintah sejak tahun 1800 sampai 1823 M.

baca juga : Tiket Masuk Treetop Adventure Park Bedugul

Bangunan peninggalan kuno ini tidak hanya memiliki pesona keindahan desain dan tampilannya saja, namun di dalamnya juga menyimpan berbagai macam benda bernilai seni yang tinggi. Dilengkapi pula dengan perabotan yang berupa sejarah peninggalan kerajaan masa itu. Fasilitas yang melengkapi tempat wisata ini diataranya ada money canger, toko souvenir, restoran, serta penginapan untuk wisatawan dari luar.

Itulah keindahan pesona objek wisata sejarah dan juga pelestarian budaya Bali yang terletak di Puri Saren Ubud yang bisa Anda nikmati.