Keindahan Puri Agung Buleleng di Singaraja Buleleng Bali

Objek wisata Puri Agung Buleleng merupakan satu dari begitu banyak tempat wisata yang ada di Buleleng. Wilayah Bali yang satu ini memang dikenal memiliki segudang objek wisata menarik. Mulai dari yang menyuguhkan keindahan panorama alam hingga keberagaman budaya dan sejarahnya. Karena itulah pantas saja jika wisata Buleleng kerap menjadi tujan utama para wisatawan yang berlibur di Bali.

Foto : dewatanews.com

Berlibur di Puri Agung Buleleng

Kabupaten Buleleng diketahui merupakan kawasan wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Bahkan pada setiap tahunnya, jumlah wisatawan yang datang ke Buleleng kian bertambah. Termasuk juga para wisatawan yang datang berkunjung ke objek wisata Puri Agung Buleleng yang berada di Singaraja Buleleng Bali.

Memiliki pesona dan daya tarik tersendiri, puri ini wajib Anda kunjungi saat berlibur di Buleleng. Pemandangan yang menakjubkan ditambah dengan sikap ramah penduduk terhadap wisatawan dijamin akan membuat liburan Anda menjadi menyenangkan. Sangat cocok bagi Anda yang ingin mengisi waktu berlibur dengan suasana yang berbeda dari aktivitas sehari-hari.

Foto : dewatanews.com

Puri yang terletak di Singaraja ini kini tengah gencar dipromosikan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng. Karena itu sekarang ini para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri terlihat ramai mengunjungi puri ini. Salah seorang penglisir puri, Anak Agung Ngurah Brawida mengungkapkan, Puri Agung Buleleng mulai ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara sejak dibuka beberapa tahun lalu.

Puri Agung yang satu area dengan Puri Seni Sasana Budaya, Museum Buleleng dan Gedung Kirtya ini dahulunya sempat digunakan sebagai tuan rumah atau tempat digelarnya acara pertemuan raja-raja Nusantara. Wisatawan yang berkunjung ke Puri ini mungkin penasaran dengan keberadaan Kerajaan Buleleng dan bekas Pemerintahan Soenda Kecil. Sebab sebagian peninggalan dari kerajaan seperti lontar, foto, dan benda-benda lainnya ada di Museum Leaden, Belanda.

Menurut Agung Brawida, kondisi puri di Buleleng ini tetap dipertahankan sebagaimana aslinya walaupun puri ini dibuka sebagai objek wisata. Masih menurut pengakuannya, meskipun puri ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan namun Ia merasa cukup prihatin. Pasalnya sebab keterbatasan yang dimiliki, Keluarga Puri hanya mampu mengelola Puri Agung ini sebagai objek wisata City Tour.

Lokasi dan Transportasi

Lokasi objek wisata Puri Agung Buleleng terletak di Jalan Mayor Metra Nomor 12, Singaraja, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia. Bagi wisatawan asal kota Buleleng, menemukan lokasi puri ini tentu sangat mudah. Akan tetapi bagi Anda yang belum begitu mengetahui daerah Buleleng tidak perlu cemas. Karena Anda bisa mengetahui letak persis lokasi puri dengan mencarinya di aplikasi google maps yang terpasang di smartphone Anda.

Ketika berlibur di salah satu objek wisata di Buleleng ini, Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas dan yang tersedia. Karena tempat ini memiliki pelayanan yang dapat dikatakan cukup lengkap bagi wisatawan. Diantaranya yaitu area parkir, kamar mandi, rumah makan, tempat istirahat dan tempat ibadah Umat Hindu.

Sementara untuk transportasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jika berencana naik bus atau kendaraan umum lain, Anda bisa berhenti di Kota Buleleng. Setelah itu melanjutkan perjalanan ke lokasi puri dengan ojek atau angkutan lainnya. Tetapi jika tidak ingin repot naik turun kendaraan, sebaiknya Anda membawa motor atau mobil pribadi sendiri. Terlebih lagi jika Anda pergi berlibur ramai-ramai bersama teman atau keluarga.

Itulah sedikit informasi mengenai objek wisata Puri Agung Buleleng di Singaraja Buleleng Bali. Pesona tempat ini memang tidak perlu diragukan lagi, karena itu pastikan Anda menyempatkan waktu untuk datang saat di Buleleng.