Menilik Keindahan Pantai Pemuteran di Gerokgak Buleleng Bali

Pantai Pemuteran merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di daerah Buleleng, Bali. Menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan sensasi liburan yang berbeda, pantai ini kerap menjadi tujuan utama para wisatawan yang ada di Buleleng. Bukan hanya wisatawan asal kota Buleleng tetapi juga wisatawan luar kota hingga luar negara banyak yang tertarik untuk berkunjung ke pantai ini.

Image credit: @tripadvisor

Keindahan Pantai Pemuteran

Pulau Bali memang dikenal dengan pesona pantainya yang menakjubkan. Karena itulah tidak heran jika banyak wisatawan pergi berlibur ke Bali untuk menikmati keindahan pantainya. Salah satu pantai yang terletak di Gerokgak Buleleng Bali ini misalnya, Pantai Pemuteran dengan koleksi terumbu karang yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata pantai yang satu ini memiliki kawasan terumbu karang yang pernah mendapat penghargaan pada tahun 2003 dari organisasi SKAL. Hal ini tidak lain karena keindahan dan kelengkapan terumbu karang yang terdapat di tempat ini. Bahkan koleksi terumbu karang di sini mencapai sekitar 80% jenis terumbu karang di Indonesia. Kabar ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta diving.

Sejak tahun 2000, konservasi dan rehabilitasi terumbu karang sudah dilakukan dengan pembuatan rumpon dan penanaman terumbu karang baru. Di mulai dari kepedulian penduduk daerah setempat terhadap kelestarian terumbu karang, sehingga dibuatlah perhimpunan dalam organisasi/ yayasan Karang Lestari.

Tidak hanya sebagai kawasan terumbu karang, Pantai Pemuteran di Gerokgak ini juga biasa dijadikan lokasi belajar diving atau menyelam. Kondisi ombaknya yang tenang ditambah dengan keindahan terumbu karang dinilai cocok untuk kegiatan ini. Jadi bagi Anda yang ingin belajar menyelam, tidak ada salahnya datang ke pantai ini. Anda bisa belajar sekaligus menikmati keindahan bawah laut secara langsung.

Di kawasan wisata pantai ini tersedia beberapa fasilitas penunjang dan pelayanan yang ditujukan untuk wisatawan. Diantaranya yaitu area parkir kendaraan, kamar mandi, tempat istirahat, rumah makan,penginapan, hotel, villa, restoran dan masih banyak lagi. Penduduk lokal daerah pantai juga selalu ramah terhadap para wisatawan.

Dengan daya tarik tersebut, tentu tidak mengherankan jika pantai ini menjadi salah satu tempat wisata yang ramai di Buleleng. Tidak hanya di hari-hari libur panjang dan libur nasional melainkan juga di hari-hari biasa. Untuk itu, bagi Anda yang ingin pergi ke pantai dengan suasana yang baru atau sedang berlibur di Buleleng. Pastikan Anda tidak melewatkan untuk berkunjung ke pantai ini.

Lokasi dan Transportasi

Lokasi Pantai Pemuteran terletak di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Bagi wisatawan asal kota Buleleng, menemukan lokasi pantai ini pasti tidak sulit. Akan tetapi bagi wisatawan luar kota atau bahkan luar negeri, tentu mereka akan merasa sedikit kebingungan. Solusinya, Anda bisa menggunakan goggle maps di smartphone untuk menunjukkan arah menuju lokasi pantai.

Untuk masalah transportasi, Anda tidak perlu khawatir karena baik kendaraan umum maupun pribadi bisa melewati jalannya. Jika ingin perjalanan lebih santai dan nyaman bersama teman atau keluarga, disarankan agar membawa kendaraan pribadi. Akan tetapi, menempuh perjalanan dengan kendaraan umum juga tak kalah menyenangkan. Anda bisa berhenti di Kecamatan Gerogak kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa Pemuteran hingga sampai di pantai.

Bagi Anda berencana pergi ke Pantai Pemuteran di Gerokgak Buleleng ini disarankan agar memantau cuaca lebih dulu. Akan lebih baik jika Anda berkunjung saat cuaca cerah agar kegiatan berlibur tidak terganggu. Selain itu, rencanakan dengan matang liburan Anda dan selalu perhatikan kondisi kesehatan fisik.