Berkunjung Ke Kolam Air Panas Banyuwedang di Gerokgak Buleleng

Kolam Pemandian Air Panas Banyuwedang merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di daerah Buleleng, Bali. Terletak di Kecamatan Gerokgak, kolam pemandian air panas ini telah banyak menarik perhatian para wisatawan. Terlihat dari ramainya pengunjung yang datang ke tempat wisata ini. Bukan hanya dari kota Buleleng namun juga wisatawan yang berasal dari kota bahkan hingga negara lain.

Sumber foto disini

Kolam Pemandian Air Panas Banyuwedang

Buleleng memang cukup dikenal sebagai daerah wisata mengingat banyaknya objek wisata yang dimiliki. Namun salah satu yang sangat unik dan menarik adalah Kolam Pemandian Air Panas Banyuwedang di wilayah Gerokgak. Di mana di tempat wisata ini terdapat mata air panas yang tidak hanya unik tapi juga menyehatkan.

Ketika berkunjung di objek wisata air panas ini Anda akan langsung disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah. Apalagi lokasinya terletak bersebelahan dengan batas kawasan Taman Nasional Bali Barat. Serta dikelilingi tanaman bakau yang tumbuh mengitari pantai sumber air panas ini. Tidak hanya semakin mempercantik panorama alamnya, pohon bakau ini juga berfungsi untuk mencegah abrasi pantai.

Air panas yang menjadi ikon utama dari lokasi ini berasal dari sumber air panas yang muncul di pantai. Mata air panas ini mengandung belerang dengan suhu 40 derajat celsius yang terendam saat laut pasang. Air panas ini sendiri dipercaya oleh warga setempat mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Mulai dari panu, kudis, kurap dan lain sebagainya. Karena itulah banyak pengunjung yang sengaja memilih berlibur di lokasi wisata ini untuk berendam di mata air panas ini.

Foto : pejarakan.desa.id

Saat berada di mata Air Panas Banyuwedang yang terletak di wilayah Buleleng ini Anda tidak perlu khawatir dengan tingkat keamanannya. Sebab salah satu lokasi wisata di Bali ini juga dilengkapi dengan bangunan dari beton yang berbentuk lingkaran. Fungsi dari bangunan beton ini sendiri adalah sebagai tanggul agar air panas tersebut tidak bercampur dengan air laut ketika sedang pasang.

Memiliki pemandangan alam yang indah dengan penduduk yang ramah serta air panas dengan kandungan belerang tinggi. Berlibur di kawasan sumber air panas terbesar ini Anda bisa menikmati waktu bersantai di hari libur sambil sekaligus berobat. Karena itulah kawasan ini direncanakan oleh Pemerintah Provinsi Bali untuk dikembangkan menjadi Kawasan Pariwisata dalam bidang Kesehatan atau Health Tourism.

Lokasi dan Transportasi

Lokasi objek wisata pemandian Air Panas Banyuwedang terletak di Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Indonesia. Letak lokasi ini berjarak sekitar 60 kilometer dari Kota Singaraja. Di kawasan air panas ini tersedia beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari area parkir, kamar mandi, tempat istirahat, rumah makan hingga hotel dan fasilitas lainnya.

Untuk masalah transportasi, Anda bisa memilih menggunakan kendaraan umum atau pribadi karena akses menuju tempat ini cukup mudah. Bagi Anda yang ingin menikmati perjalanan dengan santai atau ramai-ramai bersama teman atau keluarga. Disarankan untuk membawa kendaraan pribadi sendiri. Tidak perlu khawatir kesasar, karena Anda bisa meminta panduan arah ke lokasi di google maps.

Akan tetapi jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum seperti bus atau angkutan lainnya juga tidak masalah. Anda bisa melakukan pemberhentian bus di Kecamatan Gerokgak. Untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa Pejarakan hingga sampai ke lokasi air panas dengan naik ojek atau angkutan lain.

Pesona Air Panas Banyuwedang memang sangat menarik untuk dikunjungi. Jadi bagi Anda yang dekat atau sedang berada di Buleleng, pastikan untuk datang ke tempat ini. Terutama bagi Anda yang memiliki masalah kulit atau sekedar ingin ketenangan.