Wisata Spiritual Ke Pura Bukit Mentik di Desa Batur Bangli Bali

Pura Bukit Mentik sudah lama menjadi bagian dari tempat peribadatan masyarakat setempat. Bahkan beberapa orang percaya jika area ini memiliki tuah untuk berbagai macam keinginan. Banyak orang yang datang dengan berbagai niatan. Mulai dari yang sekedar mencari tempat spesial untuk mengisi liburan (berwisata), sampai yang mencari sesuatu agar keinginannya terwujud.

via Punapi Bali

Sekilas Mengenai Pura Bukit Mentik

Pura memang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan di kawasan Bali. Pura dijadikan sebagai tempat peribadatan. Yakni sebagai tempat suci bagi pemeluk agama Hindu.

Bangunannya mencerminkan kebudayaan Bali masa lampau. Pura ini dibangun dengan konsep Tri Manda. Konsep bangunan ini meliputi jeroan, jaba tengah serta jaba sisi.

Pada bagian utama bangunan terdapat meru tumpang 5. Dan bagian ini diapit oleh meru tumpang 3. Konsep bangunan seperti ini sangat khas, mencirikan sebuah filosofi tinggi dari kebudayaan Bali.

Di tempat tersebut biasanya dipercaya sebagai tempat berdiamnya Dewi Kesuburan. Pemujaan biasanya dilakukan di area tersebut.

Daya tarik dari Pura Bukit Mentik ini meliputi bangunan utama yang masih alami. Apalagi bagunannya ditempatkan di lokasi yang masih sangat asri. Hal ini membuat suasana alamnya semakin menarik.

Hal menarik yang akan ditemukan oleh pengunjung adalah lava yang membeku di kawasan tersebut. Lava tersebut berasal dari letusan gunung Batur. Karena lamanya lava di area dingin, lava tersebut membeku dan menciptakan pemandangan yang cukup memanjakan mata.

Tuah Yang Dipercaya Masyarakat Setempat

Wisata spiritual Bukit Mentik ini banyak dicari oleh para pengunjung. Terlebih lagi pura ini menyuguhkan berbagai upacara adat. Salah satu upacara adat yang dilakukan masyarakat setempat adalah upacaya Piodalan.

Upacara ini dilakukan pada Sasih Kapat. Kurang lebih, sasi ini jatuh pada pertengahan bulan Oktober. Bulan ini menjadi bulan yang pas untuk melakukan upacara karena bulan ini banyak tumbuhan mulai tumbuh dengan baik.

Menurut kepercayaan warga, pura ini juga memiliki sejumlah tuah. Kalau berjodoh, keinginan seseorang akan terkabul. Tentunya dengan bantuan dari abdi yang berada di pura tersebut.

Ada berbagai keinginan yang dipanjatkan oleh masyarakat setempat di pura tersebut. Diantaranya adalah kesembuhan dari penyakit, kekayaan serta kepemimpinan. Keinginan ini yang paling banyak diharapkan oleh masyarakat dalam pemujaan.

Untuk bisa memperoleh sesuatu yang diinginkan, seseorang memerlukan panduan dari abdi/pemangku pura. Dari tuntunannya, orang-orang akan diarahkan untuk melakukan sebuah ritual khusus. Tentunya dengan ritual yang berbeda sesuai keinginan.

Terlepas dari tuntunan tersebut, hanya Tuhanlah yang akan mengabulkan semua keinginan. Maka dari itu, bersihkan hati dan mintalah pada Tuhan yang maha kuasa dengan keinginan yang kuat.

Lokasi Pura

Pura ini dibuka untuk umum. Banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk berkunjung. Salah satunya untuk menikmati keindahan dari kebudayaan Bali yang dibalut dengan pesona alam yang masih asri.

Lokasi pura ini terletak di Desa Adat Batur, Kintamani Kabupaten Bangli, Bali. Wisatawan bisa menyempatkan diri ke kawasan tersebut. Baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pura terbilang cukup pendek. Bila Anda datang dari Kabupaten Bangli, Anda cukup menghabiskan waktu sekitar 30 menitan saja. Tapi bila datang dari Denpasar, perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Demikianlah yang bisa disampaikan di sini. Apabila Anda ingin menemukan sesuatu yang menarik seputar pura yang dibalut dengan keindahan alam yang asri, maka tidak salah jika Anda berkunjung di Pura Bukit Mentik ini.