Wisata Sejarah Pura Dalem Balingkang Yang Membuka Wawasan Tentang Indonesia

Mengunjungi Pura Dalem Balingkang sangat direkomendasikan. Terutama bagi Anda yang menyukai nilai-nilai historis masa lampau. Karena di sini, Anda bakalan menemukan peninggalan bersejarah yang masih tertata rapi.

Datang langsung ke lokasi wisata akan lebih mudah untuk membukakan wawasan ketimbang hanya membaca. Anda setidaknya mengenal seluk beluk kawasan dengan cepat. Dan inilah yang terpenting.

Anda tidak harus datang saat ini juga. Anda punya waktu cukup banyak untuk berkunjung. Salah satunya adalah saat liburan tiba.

Foto : indonesia-heritage.net

Sejarah Berdirinya Pura Dalem Balingkang

Dalam catatan sejarah, Purana Dalem Balingkang merupakan sebuah kerajaan di Bali Dwipa. Dipimpin oleh Sri Maharaja Kesari Warmadewa tahun 913 Masehi. Beliau memerintah dengan sangat bijaksana dan memiliki budi pekerti yang luhur.

Singgasana Raja ini diturunkan pada keturunannya secara berurutan. Mulai dari Sri Ugrasena sampai Sri Candrabhayasingha Warmadewa.

Pura ini merupakan peninggalan kuno. Sejarahnya dimulai ketika pucuk pimpinan diduduki oleh Raja Sri Dharma Udyana Warma Dewa. Beliau wafat tahun 1011 dan meninggalkan 3 putra yang menjadi penerusnya. Tetapi pucuk pimpinan ini cepat berganti ke tangan adiknya lantaran putra mahkotanya meninggal.

Diceritakan jika dulunya ada seorang saudagar dari Tionghoa bernama Kang. Saudagar ini memilik putrid sangat cantik bernama Kang Cing We. Kecantikannya membuat Sri Haji Jayapanus terpesona dan ingin mempersuntingnya.

Keinginannya tidak disetujui oleh Mpu Siwa Gandhu. Akhirnya, Mpu Siwa memohon sesuai kepercayaannya agar terjadi hujan lebat selama 1 bulan 7 hari. Hal ini membuat keraton Sri Haji Jayapangus musnah.

Para abdinya lantas mengungsi ke hutan di desa Jong Les. Saat itu, para abdinya beserta Sri Jayapangus merambas hutan dan melakukan upakara yadnya. Dari sini, terlihatlah bangunan kerajaan bernama Pura Dalem Balingkang.

Nah, penamaannya didasarkan pada beberapa hal. Kata Dalem diambil dari Kuta Dalem Hong Les. Sementara Bali dilekatkan sebagai perwujudan dalam menguasai Bali saat itu. Sementara Kang diambil dari marga istrinya Kang Cing We.

Daya Tarik Pura Dalem Di Bangli

Daya tarik dari tempat ini adalah keberadaan pura yang masih terjaga kekokohannya. Arsitektur Bali dari kerajaan masa lampau sangat nampak. Tentunya ini menjelaskan majunya peradaban di masa lampau.

Masyarakat setempat masih sering melakukan upacara di sekitar pura. Anda yang datang di waktu yang tepat bisa melihat kebudayaannya.

Foto : inspirock.com

Kebudayaan dan arsitektur bangunan ini tentunya memiliki nilai sejarah yang luar biasa. Anda yang penasaran dengan kebudayaannya tentu sangat pas bila berkunjung. Setidaknya, Anda akan memahaminya lebih sempurna.

Lokasinya sendiri berada di Desa Pinggan Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli, Bali. Lokasinya cukup mudah ditemukan. Menariknya, akses jalannya sudah cukup baik.

Di sekitar lokasi sudah disediakan fasilitas yang cukup. Mulai dari warung makan, tempat istirahat sampai area parkir kendaraan. Fasilitas ini sudah cukup untuk membuat kunjungan semakin mudah.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat agenda khusus ke lokasi wisata tersebut. Sambil membuat rencana kunjungan ke kawasan tersebut, jangan lupa untuk membuat rencana cadangan ke berbagai tempat menarik di sekitarnya.

Perlu diingat bahwa Bangli memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Selain wisata yang membukakan wawasan sejarah masa lampau, wisata alam di sekitarnya juga sangat memikat. Karena alammya masih sangat asri dan berhawa sejuk.

Akhirnya, jika Anda belum memiliki rencana mau liburan ke mana, kami rekomendasikan untuk berkunjung di Bangli. Salah satunya adalah berkunjung langsung ke Pura Dalem Balingkang ini.