Keunikan Pura Dalem Jagaraga Yang Penuh Relief dan Sejarah

Tahukah Anda dimana lokasi objek wisata Pura Dalem Jagaraga? Merupakan salah satu tujuan wisata di Pulau Bali, bangunan pura ini terletak di daerah Kabupaten Buleleng. Pada setiap harinya tempat wisata ini ramai dikunjung oleh para wisatawan. Mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara selalu tampak sibuk berlalu-lalang, baik di hari biasa maupun hari libur panjang dan nasional.

Image credit: @ttnotes.com

Keindahan Pura Dalem Jagaraga

Ketika berada di Pulau Bali, pantai mungkin akan menjadi tempat pertama yang Anda kunjungi. Bali memang sangat dikenal dengan wisata pantainya yang indah dan pesona lautnya yang mengagumkan. Namun meski begitu, tempat-tempat di Bali lainnya juga tidak kalah menarik. Terutama di daerah wisata Buleleng yang menyuguhkan berbagai objek wisata unik dan menakjubkan yang sayang jika dilewatkan.

Kabupaten Buleleng diketahui memang memiliki banyak sekali tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Salah satunya yaitu Pura Dalem Jagaraga yang berada di Kecamatan Sawan, Buleleng. Tempat ini sangat indah dan memiliki pahatan relief yang unik dan menarik untuk ditelusuri. Cocok bagi Anda yang bosan dengan pantai dan ingin mencari suasana baru di Buleleng, Bali.

Objek wisata pura ini adalah salah satu dari lingkungan Pura Kahyangan Tiga Jagaraga. Secara umum, ciri-ciri yang dimiliki pura ini sama dengan Pura Dalem di Bali lainnya. Yaitu lokasinya yang berdekatan dengan kuburan dan memiliki hiasan-hiasan patung berwajah seram dan menakutkan seperti patung Betara Durga.

Keunikan dari pura ini terletak pada pahatan yang menghiasi tembok di bagian luar lingkungan pura. Di tembok paling depan terdapat relief yang menggambarkan sebuah pertempuran pesawat udara model kuno, perampokan bersenjata, perahu dan orang yang tengah meminum bir. Relief ini selalu mampu menjadi pusat perhatian wisatawan karena daya tariknya yang unik dan tidak ada duanya.

Selain relief, yang tidak kalah menarik dari Pura Dalem Jagaraga ini ialah adanya patung Men Brayut. Yakni sebuah cerita rakyat yang mengisahkan keluarga yang terlalu banyak memiliki anak. Cerita yang cukup terkenal ini menggambarkan suka duka orang tua ini yang dikemas dengan penuh kelucuan. Menjadikan pura yang berada di Buleleng ini semakin menarik untuk dikunjungi para wisatawan.

Namun sayangnya meski wisatawan sudah mulai banyak berkunjung, lingkungan pura ini masih belum memiliki fasilitas yang khusus disediakan bagi wisatawan. Akan tetapi, beberapa fasilitas seperti area parkir, kamar mandi, rumah makan, tempat istirahat dan tempat ibadah Umat Hindu sudah tersedia di kawasan ini.

Lokasi dan Transportasi

Lokasi Pura Dalem Jagaraga terletak di Desa Jagaraga, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Letak lokasi ini cukup mudah ditemukan, akan tetapi jika Anda masih bingung dengan arahnya. Disarankan untuk mencarinya di aplikasi google maps pada smartphone Anda. Hal ini akan sangat membantu bagi para wisatawan luar daerah Buleleng untuk bisa menuju pura tanpa takut kesasar.

Untuk sarana transportasi menuju lokasi pura, Anda bisa memakai kendaraan umum ataupun pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum seperti bus, Anda bisa berhenti di Kecamatan Sawan. Untuk kemudian melanjutkan dengan naik ojek atau transportasi lain menuju Desa Jagaraga hingga sampai ke lokasi pura. Jika membawa kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti petunjuk arah di google maps.

Itulah sedikit informasi mengenai Pura Dalem Jagaraga yang berada di Buleleng, Bali. Sebelum melakukan perjalanan wisata ke pura ini, persiapkan lebih dulu segala hal yang diperlukan serta perhatikan kondisi fisik dan kendaraan Anda.