Pesona Air Terjun Sekumpul di Sawan Buleleng Bali

Berlibur di Pulau Dewata Bali tidak melulu hanya tentang laut dan pantai. Objek Wisata Air Terjun Sekumpul di Sawan Buleleng Bali, bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata bagi Anda yang ingin mengeksplor sisi lain dari pulau ini. Panorama alamnya yang indah dan jauh dari keramaian, membuat tempat yang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan jika Anda sedang berada di Buleleng Bali.

via Bali

Keindahan Air Terjun Sekumpul

Objek wisata berupa air terjun ini terletak di wilayah Buleleng Bali, tepatnya di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan. Lokasi air terjun ini hampir tidak pernah sepi dari para wisatawan setiap harinya, mulai dari wisatawan lokal bahkan hingga asing. Derasnya air yang mengalir dari atas tebing dan hijaunya perbukitan disekelilingnya memberi sensasi berbeda dari tempat wisata Bali lainnya.

Terletak di tengah rimbunnya kawasan perbukitan hijau, air terjun ini biasa disebut Air Terjun Sekumpul oleh masyarakat sekitar. Nama “Sekumpul” sendiri mempunyai arti kumpulan, karena air terjun ini memiliki lebih dari satu air terjun dengan ketinggian mencapai sekitar 100 meter. Dengan ketinggiannya ini, para wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun ini dari kejauhan sebelum masuk area air terjun.

Air terjun ini juga banyak dikenal dengan nama Air Terjun Gerombong dengan pesona keindahan alamnya yang masih asri. Ketika memasuki kawasan air terjun, akan tampak dua buah air terjun mengalir dengan sumber yang tertutup oleh rimbunnya pepohonan hijau di atas bukit. Meski letaknya berdekatan, dua air terjun ini berasal dari sumber yang berbeda dan mempunyai karakter masing-masing.

Sumber foto disini

Air terjun yang pertama berasal dari sebuah mata air pegunungan sehingga sangat jernih serta mempunyai bentuk air terjun yang mengalir tunggal seperti air terjun pada umumnya. Sementara air terjun kedua, ketinggiannya lebih tinggi dari air terjun yang pertama dan berbentuk menjuntai seperti kelambu serta berasal dari aliran sungai. Karena perbedaan sumber inilah, pada musim penghujan air pada air terjun pertama lebih jernih dari air terjun kedua yang cenderung keruh.

Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Sekumpul di Sawan Buleleng ini, para pengunjung harus berjalan kaki melewati puluhan tangga yang terbuat dari beton dan pegangan besi untuk pengamannya. Namun meski begitu, perjalanan tetap akan terasa menyenangkan. Apalagi saat suara gemuruh air terjun terdengar dibawahnya.

Sementara itu, fasilitas yang disediakan di kawasan objek wisata air terjun di Buleleng ini diantaranya adalah area parkir kendaraan, warung makan, kamar mandi, tempat istirahat hingga toko souvenir untuk Anda yang ingin membeli oleh-oleh.

Lokasi dan Transportasi                

Air terjun ini terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali Indonesia. Jika berencana berkunjung ke tempat ini, disarankan untuk menghindari musim penghujan. Karena selain membuat perjalanan tidak nyaman, debit air juga akan naik dan air menjadi keruh sehingga keindahan air terjun berkurang.

Untuk transportasi, Anda bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jika ingin lebih santai dan nyaman dalam perjalanan, Anda bisa membawa motor atau mobil sendiri. Namun jika ingin naik kendaraan umum juga tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu naik bus atau transportasi lain menuju Kecamatan Sawan. Untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju desa Sekumpul hingga sampai di lokasi Objek Wisata Air Terjun Sekumpul yang menjadi tujuan Anda.

Sebelum menuju ke tempat wisata Air Terjun Sekumpul di Sawan Buleleng Bali, siapkan dan rencanakan dengan matang semua hal yang diperlukan. Agar waktu liburan Anda beserta teman atau keluarga tidak terganggu.