Keindahan Air Terjun Singsing yang Tersembunyi di Banjar Buleleng Bali

Objek wisata Air Terjun Singsing merupakan salah satu lokasi wisata di Buleleng yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Tempat ini memiliki pemandangan memukau yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya bagi wisatawan lokal melainkan juga wisatawan dari luar kota bahkan hingga luar negeri. Terbukti dengan ramainya para pengunjung yang datang di hari libur maupun hari-hari biasa.

Foto : tripadvisor.co.id

Pesona Air Terjun Singsing

Keindahan alam Buleleng memang tidak perlu diragukan lagi. Pesona panorama alam yang asri dan menakjubkan selalu mampu membuat siapapun berdecak kagum. Tidak heran jika Buleleng dikenal dengan berbagai objek wisatanya yang menarik. Seperti objek wisata Air Terjun Singsing yang berada di Banjar, Buleleng Bali.

Pemberian nama “singsing” pada air terjun ini hingga kini tidak ketahui asal muasalnya. Akan tetapi menurut masyarakat daerah setempat, nama ini diketahui bukan berasal dari Bahasa Inggris yang berarti menyanyi. Namun terlepas dari asal usul namanya, air terjun ini merupakan salah satu lokasi favorit wisatawan. Terutama saat datang musim kemarau di mana volume air terjun mulai menurun.

Untuk bisa mencapai lokasi air terjun ini, Anda harus rela bersusah payah lebih dulu. Karena jarak air terjun dan area parkir cukup jauh sehingga pengunjung diharuskan berjalan kaki. Anda akan diajak melewati jalan setapak dengan medan cukup terjal dan menanjak sejauh 600 m. Tidak perlu khawatir kelelahan karena sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan indah kebun penduduk.

Sesampainya di lokasi air terjun, Anda akan langsung disambut dengan keindahan air terjun dan suara gemuruh airnya. Air Terjun Singsing ini memiliki ketinggian mencapai 12 meter dengan kedalaman kolam mencapai 3 meter. Sementara jarak antara air terjun pertama dan air terjun kedua adalah sekitar 100 meter. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung harus melewati tebing terlebih dahulu.

by Kintamani

Setelah itu melewati tangga berbatu dan terjal yang berada di seberang sungai. Barulah Anda bisa melihat keindahan air terjun kedua yang ketinggiannya mencapai dua kali lipat dari air terjun pertama. Sementara ditengah kolam air terjun kedua ini terdapat batu besar yang seolah membelah aliran air terjun menjadi dua.

Objek wisata di Buleleng yang satu ini cocok bagi Anda para pecinta alam atau yang sedang ingin berlibur menghilangkan stres. Pemandangan hijau yang menyegarkan ditambah suara air terjun yang menenangkan. Menjadikan Anda merasa lebih nyaman dan rileks sehingga penat berkurang dan lebih bersemangat.

Lokasi dan Transportasi

Lokasi objek wisata Air Terjun Singsing terletak di Banjar Labuhan Haji, Desa Temukus, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleleng, Bali. Berjarak sekitar 13 km dari pusat kota Singaraja serta tidak terlalu jauh dari kawasan Lovina yang hanya berjarak 3 km. Jika masih bingung dengan lokasinya, Anda bisa mencarinya di google maps.

Di kawasan air terjun ini juga disediakan beberapa fasilitas dan pelayanan untuk para pengunjung. Diantaranya yaitu area parkir, kamar mandi, tempat istirahat, rumah makan dan penginapan bagi Anda yang ingin menetap. Sementara untuk transportasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Jika memakai kendaraan umum seperti bus atau angkutan lain, Anda bisa melakukan pemberhentian bus di Kecamatan Banjar. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa Temukus dengan naik ojek atau kendaraan lain yang ada. Untuk selanjutnya berjalan kaki hingga sampai di lokasi air terjun yang Anda tuju.

Jika berencana berlibur ke Air Terjun Singsing ini, sebaiknya datanglah saat sedang musim kemarau. Karena di waktu ini volume air tidak terlalu tinggi sehingga Anda bisa bermain dan menjelajahi kawasan air terjun dengan bebas.