Air Terjun Melanting, Daya Tarik Keindahan Alam Banjar di Buleleng

Air Terjun Melanting merupakan salah satu objek wisata favorit yang terdapat di daerah Buleleng. Hampir setiap hari, banyak wisatawan datang untuk menikmati keindahan alam Bali di kawasan ini. Pemandangan alam asri yang indah dan unik ditambah dengan udara yang bersih dan segar menjadi nilai plus bagi pengunjung. Karena itu, air terjun di Buleleng yang satu ini memiliki daya tariknya tersendiri.

Keindahan Air Terjun Melanting yang Unik

Buleleng memang cukup dikenal memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan panorama alamnya dan sikap ramah penduduk lokal terhadap setiap wisatawan juga sudah tidak perlu diragukan lagi. Jadi pantas saja jika kawasan air terjun ini selalu ramai oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Baik saat musim libur panjang maupun hari-hari biasa.

Foto : surgaliburan.wordpress.com

Ketika berada di objek wisata Air Terjun Melanting ini, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda dari keseharian Anda. Di mana sejuknya air dan hijaunya panorama alam disekeliling akan menciptakan ketenangan. Sangat cocok untuk menjadi tujuan wisata Anda bersama teman atau keluarga dalam mengisi waktu liburan. Terutama bagi Anda yang ingin menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari.

Keunikan dari air terjun ini adalah letaknya yang berada di tengah-tengah perkebunan, yakni perkebunan cengkeh dan kopi. Membuat air terjun ini terlihat semakin cantik dan menakjubkan. Tinggi air terjun yang mencapai hingga 20 meter juga kian menambah pesona alam di daerah Buleleng ini. Ditambah lagi dengan pemandangan hamparan sawah terasering yang terpampang di depan mata.

Untuk dapat menikmati keindahan air terjun yang berada di Banjar Buleleng Bali ini, Anda perlu berjalan kaki menuju lokasi. Tidak perlu khawatir akan kelelahan karena sepanjang perjalanan Anda dapat mendengar merdunya suara kicauan burung yang seolah mengiringi langkah Anda. Terlebih lagi saat semakin dekat dengan lokasi, suara gemuruh dari air terjun akan semakin jelas terdengar.

Di wisata Air Terjun Melanting ini Anda tidak hanya bisa bermain air, tapi juga mandi dan berendam. Wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 2.000 untuk anak-anak dan Rp. 5.000 untuk orang dewasa. Wisata air terjun di Buleleng ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menikmati liburan yang menenangkan. Untuk menyegarkan dan merileksasi diri agar kembali bersemangat.

Lokasi dan Transportasi

Lokasi wisata air terjun ini terletak di Jalan Air Terjun Melanting, Desa Gobleg, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Tepatnya berada di tengah perkebunan kopi dan cengkeh di ujung timur Desa Munduk, Banjar, berjarak sekitar 42 km dari kota Singaraja. Jika Anda belum tau persis letak lokasinya, Anda bisa mencarinya di aplikasi google maps yang terpasang di smartphone Anda.

Di kawasan wisata air terjun ini ada beberapa fasilitas yang bisa pengunjung dapatkan. Diantaranya yaitu area parkir kendaraan, kamar mandi/ MCK, tempat istirahat, warung makan hingga penginapan bagi Anda yang ingin menetap. Meski fasilitas yang tersedia cukup lengkap, pastikan Anda mengemas semua barang yang diperlukan.

Akses menuju air terjun ini cukup mudah, Anda bisa membawa kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum. Jika ingin membawa motor atau mobil pribadi, Anda bisa meminta panduan arah dari google maps agar tidak kesasar. Jika menggunakan bus atau angkutan lainnya, Anda bisa berhenti di Kecamatan Banjar. Untuk selanjutnya naik ojek menuju ke Desa Gobleg hingga sampai ke lokasi air terjun.

Mengingat objek wisata air terjun Melanting di Banjar Buleleng ini adalah wisata outdor maka pastikan Anda datang di cuaca yang cerah. Persiapkan semua hal yang dibutuhkan dan jangan lupa memperhatikan kondisi fisik dan kendaraan.