Mencicipi Kuliner Khas Jukut Undis dan Sudang Lepet yang Enak

Sudah pernahkah Anda mencicipi lezatnya kuliner khas jukut undis dan sudang lepet di Buleleng Bali? Jika belum, Anda wajib mencobanya jika sedang berada di Kabupaten Buleleng. Kedua jenis makanan ini merupakan makanan khas daerah setempat dengan cita rasa lezat yang kental dengan selera penduduk Buleleng. Kelezatannya yang tidak ada duanya tentu sangat sayang jika Anda lewatkan begitu saja.

Lezatnya Jukut Undis dan Sudang Lepet

Liburan tanpa berburu wisata kuliner tentu seakan kurang lengkap. Apalagi jika Anda berkunjung ke Buleleng tanpa mencicipi Jukut Undis dan Sudang Lepet. Kuliner khas dari Buleleng Bali ini bisa Anda temui di Desa Sangsit, Kecamatan Sawan Buleleng Bali. Bagi Anda yang berencana menghabiskan waktu liburan di wilayah ini, pastikan untuk mampir ke tempat ini dan mencicipi rasanya.

Kuliner khas Jukut Undis dan Sudang Lepet di Buleleng Bali memang sudah terkenal dengan rasanya yang lezat. Jadi tidak heran jika banyak wisatawan penasaran dengan bagaimana rasanya. Bahkan bukan hanya wisatawan lokal, para wisatawan asing juga tidak ketinggalan untuk mencoba kuliner khas Buleleng ini.

Jukut Undis sendiri adalah makanan sejenis sup yang dibuat dari kacang Gude (kacang kayo). Yakni sejenis kacang hitam yang bentuknya kecil mirip kedelai namun berwarna hitam pekat. Kacang ini biasa dijumpai dijual dalam dua jenis yaitu kacang muda yang masih segar dan kacang yang telah dikeringkan. Keduanya bisa digunakan dalam pembuatan jukut undis, yang membedakan hanya lama proses memasaknya.

Bumbu yang ditambahkan pada jukut undis sangat minimalis sehingga bisa tetap mempertahankan rasa enak yang khas saat dimakan oleh para penikmatnya. Dalam penyajiaannya, jukut undis biasanya dilengkapi dengan sudang lepet dan nasi sela (nasi yang dicampur dengan ubi jalar) sebagai pendampingnya.

Sementara Sudang Lepet adalah hidangan yang dibuat dari bahan dasar ikan laut yang keringkan. Yang mana secara harfiah, kata “sudang” berarti ikan asin dan “lepet” berarti sial. Sehingga dapat diartikan bahwa sudang lepet memiliki arti ikan asin yang sial. Namun meski dinamakan ikan asin, rasa ikan ini tidak begitu asin melainkan lebih cenderung ke rasa gurih yang benar-benar kuat.

Menemukan kuliner khas jukut undis dan sudang lepet di Buleleng Bali terbilang cukup sulit. Bahkan lokasi pengolahan sudang lepet juga tidak banyak, hanya ada satu wilayah yang memproduksinya yaitu di Desa Sangsit, Buleleng bagian timur. Karena itu pastikan Anda mencicipi kuliner khas ini saat sedang berada di Buleleng.

Lokasi dan Transportasi

Lokasi kuliner khas Buleleng ini berada di Desa Sangsit, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Indonesia. Untuk menemukannya, Anda mencari rutenya di aplikasi google maps yang terpasang di smartphone Anda. Mengenai fasilitas yang tersedia di tempat ini, sudah ada area parkir kendaraan, kamar mandi, rumah makan, tempat istirahat dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Untuk bisa menikmati lezatnya kuliner khas jukut undis dan sudang lepet di Buleleng Bali ini Anda bisa datang ke tempat ini menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika berniat membawa mobil atau motor sendiri, Anda bisa meminta panduan dari maps untuk menunjukkan rute jalan.

Namun jika Anda berencana naik transportasi umum seperti bus, Anda bisa melakukan pemberhentian di Kecamatan Sawan. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa Sangsit hingga sampai ke lokasi wisata kuliner. Untuk mencapai titik lokasi ini Anda bisa naik ojek atau kendaraan lain dari Kecamatan.

Itulah beberapa informasi dan ulasan mengenai wisata Kuliner Khas Jukut Undis dan Sudang Lepet di Buleleng Bali. Tempat ini bisa referensi wisata kuliner yang tepat bagi Anda untuk mengisi waktu liburan bersama teman dan keluarga.