Siobak Babi Khe Lok, Kuliner Asli Buleleng Dengan Rasa Yang Khas

Pernahkah Anda mencoba Siobak Babi Khe Lok di Buleleng Bali? Daerah wisata yang satu ini memang kaya akan wisata kulinernya yang khas. Oleh sebab itu banyak yang mengatakan jika berlibur ke Buleleng rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi kulinernya. Nah, salah satu kuliner khas Buleleng yang banyak diburu para wisatawan disini adalah siobak, yakni makanan yang diolah dari daging babi.

Foto : IST

Nikmatnya Siobak Babi Khe Lok

Makanan ini merupakan salah satu kuliner khas dari daerah Buleleng. Memiliki cita rasa perpaduan china dan bali, hidangan ini merupakan hasil kombinasi yang pas. Rasanya yang lezat dapat membuat siapapun akan ketagihan memakannya. Untuk itu, jika Anda ingin mencoba datanglah ke salah satu wisata kuliner Siobak Babi Khe Lok yang berada di Jl. Surapati No. 66, Kampung Baru, Buleleng, Bali.

Bagi Anda pecinta kuliner, makanan ini wajib Anda coba saat sedang berada di Buleleng. Rasa siobak babi yang gurih dan sedikit pedas akan sangat nikmat saat dipadukan dengan nasi putih. Apalagi tempat dan suasananya yang nyaman membuat wisata kuliner ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dicoba.

Siobak Babi Khe Lok adalah makanan yang dibuat dengan bahan baku daging sapi. Menariknya, hampir semua bagian tubuh babi dapat digunakan untuk dijadikan bahan baku siobak. Mulai dari kulit, daging, jeroan hingga tulang rawannya. Proses pembuatan siobak babi dilakukan dengan merebus daging babi bersama kecap manis dan kecap asin serta beberapa rempah-rempah hingga menjadi empuk.

Foto : goodindonesianfood.com

Setelah direbus, daging babi selanjutnya diiris tipis-tipis lalu ditata diatas sebuah piring dan ditambah kerupuk kulit babi yang renyah. Kemudian diatasnya dilumuri dengan saus spesial berwarna coklat tua yang merupakan perpaduan cita rasa kuliner China dan Bali. Sebagai pelengkap, sepiring siobak babi akan ditambah dengan acar mentimun dan taburan cabe cincang untuk topping.

Bumbu spesial untuk Siobak Babi Khe Lok terbuat dari cabe yang diblender dengan garam kemudian direbus bersama tauco, kaldu babi dan rempah-rempah. Nama Khe Lok sendiri merupakan rumah makan yang menyediakan menu siobak legendaris yang sudah menjadi trade mark karena kelezatannya. Bahkan kini rumah makan Siobak Khe Lok tersebut telah memiliki beberapa cabang di Buleleng dan Denpasar.

Lokasi dan Transportasi

Lokasi tempat wisata kuliner Siobak Khe Lok terletak di Jl. Surapati Nomor 66 Kampung Baru, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Jika masih bingung dengan titik lokasi ini, Anda bisa mencarinya di google maps. Di rumah makan ini tersedia fasilitas berupa area parkir kendaraan, kamar mandi, tempat istirahat dan lainnya.

Akses menuju tempat kuliner ini cukup mudah, jadi Anda bisa memilih menggunakan transportasi umum ataupun pribadi. Jika ingin perjalanan lebih mudah dan santai, Anda bisa menggunakan motor atau mobil pribadi Anda sendiri. Tidak perlu khawatir akan kesasar karena tidak tahu jalan, sebab Anda bisa meminta panduan arah menuju lokasi kuliner siobak di google maps yang terpasang di smartphone Anda.

Akan tetapi jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa menaiki bus atau kendaraan umum lainnya. Anda hanya perlu turun di terminal bus kota Buleleng dan melanjutkan perjalanan ke lokasi dengan ojek atau kendaraan lain. Menggunakan bus umum juga tidak kalah menyenangkan dari membawa kendaraan sendiri.

Itulah sedikit ulasan mengenai wisata kuliner Siobak Babi Khe Lok, makanan khas Buleleng dengan cita rasa unik. Jika Anda berkesempatan berkunjung ke Buleleng, pastikan Anda menyempatkan diri mencoba kuliner satu ini.