Lezatnya Jajanan Kuliner Tradisional Pulung Nyepi di Sukasada Buleleng Bali

Wisata kuliner tradisional pulung nyepi di Sukasada Buleleng Bali merupakan satu dari sekian banyak tempat di Buleleng yang wajib dikunjungi. Menyediakan jajanan khas dengan rasa enak yang tidak ada duanya membuat tempat ini selalu ramai dengan para pengunjung yang penasaran dengan kelezatannya. Karena itu sangat disayangkan jika berkunjung tanpa menyantap jajanan tradisional yang satu ini.

Foto : grid.id

Kuliner Tradisional Pulung Nyepi

Menjadi salah satu tujuan wisata kuliner favorit, tempat yang berada di Desa Sukasada, Kecamatan Sukasada, Buleleng Bali ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Jadi tidak mengherankan jika tempat ini tidak pernah sepi oleh wisatawan setiap harinya. Baik pada hari-hari biasa, libur nasional maupun hari libur lainnya, banyak wisatawan sengaja berkunjung ke tempat ini untuk sekedar mencicipi rasanya.

Kuliner tradisional Pulung Nyepi di Sukasada Buleleng Bali merupakan jajanan yang dibuat khusus pada waktu hari raya Nyepi (saat Pengkrupukan). Namun jika Anda ingin memakannya, Anda tidak perlu khawatir harus datang saat hari raya Nyepi. Sebab jajanan tradisional ini boleh dikonsumsi kapanpun bahkan setiap hari.

Pulung Nyepi sendiri adalah hidangan khas dari Kelurahan Sukasada. Jajajan ini biasa disajikan untuk tradisi umat Hindu di Desa Sukasada dalam memperingati hari raya Pengkrupukan, yakni satu hari sebelum hari raya nyepi. Desa ini memang tidak hanya dikenal dengan jajanan khasnya namun juga sikap ramah para penduduknya.

Jajanan ini dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan sedikit kanji lalu kemudian dikukus. Setelah kukusan dingin, adonan diuleni dan dibentuk giling-giling, agak bulat memanjang. Untuk selanjutnya di masak dengan cara direbus sampai matang hingga naik ke permukaan air rebusan lalu ditiriskan. Pulung Nyepi ini biasa disajikan dengan parutan kelapa muda yang semakin menambah cita rasanya.

Tempat wisata kuliner tradisional pulung nyepi di Sukasada Buleleng ini menyediakan beberapa fasilitas dan pelayanan yang dapat dikatakan cukup lengkap. Diantaranya yaitu area parkir kendaraan, kamar mandi / MCK, tempat untuk istirahat hingga pusat penjualan kuliner lainnya serta berbagai fasilitas lain yang bisa memudahkan Anda selama berwisata kuliner di tempat ini.

Lokasi dan Transportasi

Kuliner tradisional Pulung Nyepi ini bisa Anda temukan di Desa Sukasada, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia. Lokasi ini merupakan pusatnya jajanan khas yang memiliki rasa enak ini. Jika Anda tidak mengetahui persis letak lokasinya, Anda bisa mencari di google maps untuk lebih jelasnya.

Untuk menuju lokasi wisata kuliner tradisional Pulung Nyepi di Sukasada Buleleng Bali tentu sangat mudah bagi penduduk dan wisatawan asal kota Buleleng. Namun bagi wisatawan luar kota dan asing, menemukan tempat ini tentu cukup sulit. Untuk itu, pastikan Anda mengamati rute jalan yang dilewati.

Jika ingin mengendarai kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, Anda bisa meminta bantuan maps untuk memandu arah menuju lokasi wisata kuliner ini. Jika berencana menggunakan kendaraan umum, Anda bisa berhenti di terminal bus kota Singaraja untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke lokasi tersebut.

Sebelum pergi ke tempat wisata kuliner ini, sebaiknya persiapkan lebih dulu rencana berlibur Anda dengan matang. Tentukan waktu yang tepat dengan cuaca yang bagus untuk melakukan perjalanan. Jangan lupa juga untuk mengemas barang bawaan dan mengecek kondisi kendaraaan yang akan Anda gunakan.

Demikianlah sedikit informasi mengenai wisata kuliner tradisional Pulung Nyepi di Sukasada Buleleng Bali. Jika sedang berada di kota ini, pastikan Anda menyempatkan waktu untuk mampir dan merasakan lezatnya Pulung Nyepi.