Aneka Rasa Dalam Satu Wadah, Inilah Kekhasan Dari Loloh Cemcem!

Loloh Cemcem merupakan jenis minuman tradisional khas Bali. Rasanya sangat unik dengan 6 rasa dalam satu suguhan. Minuman ini juga berkhasiat untuk kesehatan seseorang.

Berkunjung di Bali tidak melulu untuk liburan di pantai atau di alam terbuka. Ada lagi yang harus pengunjung coba. Yakni mencicipi minuman segar khas dari Bali ini.

Namanya adalah loloh cem cem. Minuman segar yang bisa dinikmati siapapun. Harganya murah, tetapi bermanfaat untuk tubuh.

by Bali Kami

Sekilas Mengenal Loloh Cemcem

Ini adalah salah satu minuman tradisional yang berasal dari Penglipuran Bali. Minuman ini mendapatkan apresiasi tinggi dari masayarakat luas. Tepatnya ketika diperkenalkan dalam sebuah upacara dalam kesenian Bali.

Rasanya sangat beraneka ragam. Bisa dinikmati secara langsung. Atau bisa juga ditambahkan dengan es batu untuk menambah kesegaran ketika diminum.

Minuman ini dibuat dari bahan utama daun cemcem. Daun ini diolah bersama dengan daun sirih, kayu manis, daun dhadap, daun jarak pagar, air dan buah kelapa serta gula aren. Campuran bahan ini membuat cita rasanya lebih berwarna.

Penampakan dari minuman ini lebih hijau. Hal ini disebabkan oleh pembuatannya yang berasal dari dedaunan atau bahan-bahan alami.

Beberapa orang menyebutnya sebagai jamu. Tetapi rasanya tidak pahit. Atau lebih enak lantaran pemanfaatan gula aren yang terkenal dengan cita rasa manis.

Aromanya juga lebih pekat. Ini mencirikan seperti kebanyakan jamu. Hanya saja, aroma ini terasa menggugah selera sehingga banyak orang yang tertarik untuk meminumnya.

by Bali Kami

Di Bali sendiri, minuman ini dijual perbotol. Satu botol Loloh Cemcem ini dihargai sekitar 3 ribu rupiah. Ini merupakan harga yang relatif sangat murah jika dibandingkan dengan rasa dan manfaatnya.

Sudah banyak warung makan yang menjualnya. Anda yang berada di Bangli, Bali bisa berburu minuman segar ini. Baik itu diminum di lokasi ataupun dijadikan oleh-oleh ketika pulang.

Untuk bisa mendapatkannya, cukup masuk ke berbagai warung makan yang berada di Kecamatan Bangli. Di sini, Anda akan lebih mudah untuk menjumpainya. Tapi jika terlewat, Anda masih bisa mencarinya di berbagai wilayah di Bali meskipun harus membutuhkan lebih banyak waktu.

Khasiat Dari Loloh Cem Cem

Minuman ini memiliki aneka rasa yang bercampur menjadi satu. Anda yang meminumnya bakalan mengerti rasanya. Diantara rasanya adalah asam, manis, pahit, dan sedikit asin.

Cara paling tepat untuk menikmatinya adalah pada kondisi dingin. Minuman ini akan semakin segar dengan penambahan es. Setidaknya, inilah yang banyak dilakukan oleh masyarakat di Bali.

Keunikan rasa ini berpadu dengan dengan khasiat yang luar biasa bagi tubuh seseorang. Minuman ini dipercaya memiliki khasiat yang nyata untuk kesehatan. Pasalnya, bahan pembuatnya termasuk dalam bahan-bahan untuk pengobatan alami.

Diantara manfaatnya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan melancarkan sistem pencernaan. Bahkan ada yang mempercayai jika manfaatnya juga untuk mengatasi sejumlah penyakit lainnya. Tidak  mengherankan jika minuman segar ini banyak diburu oleh para wisatawan.

Nah, apabila Anda memang memiliki masalah kesehatan seperti di atas, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan minuman tersebut. Rasanya yang nikmat tidak membuat Anda malasa untuk meminumnya. Dengan rutin meminumnya, masalah kesehatan bisa teratasi dengan baik.

Kesimpulannya, minuman khas Bali ini tidak hanya sebatas bermanfaat untuk menghilangkan dahaga saja. Tetapi juga bermanfaat untuk menangani sejumlah masalah kesehatan. Menyadari akan hal tersebut, tidak salah bila Anda berburu Loloh Cemcem selagi masih berada di Bangli, Bali.