Wisata Kuliner Mujair Nyat Nyat Khas Kintamani, Penutup Sempurna Selama Berlibur Di Bangli!

Liburan Anda kurang lengkap jika belum menikmati lezatnya menu di wisata kuliner mujair Menyatnyat khas Kintamani, Bangli. Sajian ini dibuat dengan cita rasa yang khas sehingga membuat lidah ketagihan. Tidak salah jika kunjungan tiap harinya selalu ramai.

Kenikmatan rasa dari olahan di tempat tersebut sudah terjamin. Bukan hanya wisatawan lokal yang menjajalnya, tetapi wisatawan asingpun sering mampir. Dan hampir setiap pengunjung memberikan penilaian positif untuk sajian tersebut.

Foto : sashylittlekitchen.com

Sekilas Tentang Wisata Kuliner Mujair Menyatnyat

Wisata kuliner ini melengkapi kunjungan Anda di Bangli. Kuliner khas ini tersedia untuk memanjakan lidah. Tentunya, sajian utama yang disediakan berbahan dasar ikan mujair.

Apa yang membedakan sajian mujair ini dengan sajian lainnya? Bedanya terletak pada proses pemasakan dan bumbu yang digunakan. Untuk proses pemasakan ikan disebut dengan nyatnyat.

Dalam bahasa Bali, nyat artinya surut. Ini merupakan metode memasak khas Bali. Cara pemasakannya dilakukan dengan sedikit air untuk mematangkan bahan dasar. Proses ini berlangsung sampai bahan matang dan airnya menjadi surut.

Daya Tarik Kuliner Mujair Menyatnyat Kintamani

Bicara mengenai daya tarik dari kuliner, jelas proses memasak dan cita rasa adalah yang paling utama. Proses memasak yang dilakukan dengan metode nyatnyat membuat bahan dasar semakin matang dan empuk.

Bahan utama ikan Mujair ini didatangkan langsung dari Kintamani. Perlu diingat bahwa ikan dari Kintamani termasuk ikan yang punya kualitas lebih baik. Ikannya masih segar sehingga bila dimasak masih terasa lebih segar.

Ikan mujair ini kemudian diolah dengan sejumlah bumbu dan rempah-rempah. Sejumlah bumbu ini dipadukan untuk memberikan kesan lebih beraroma dan lebih berasa. Istilah perpaduan bumbu ini disebut dengan base genap atau bumbu lengkap.

Bumbu-bumbu tersebut diulek, lantas diberikan penyedap seperti garam dan jeruk nipis. Racikan bumbu ini dipertebal dengan pemanfaatan cabe yang cukup banyak. Hal ini membuat sajian ini berasa lebih pedas dan gurih.

Anda yang sedang berada di Bangli, sangat disayangkan jika melewatkan sajian ini. Paduan rasa pedas, manis dan asam sangat terasa. Dan sajian ini termasuk sajian yang banyak diburu oleh para wisatawan.

Tercatat, objek wisata kuliner mujair Menyatnyat khas Kintamani ini mampu menghabiskan sekitar 75 porsi setiap harinya. Sajian ini sangat nikmat dengan aroma yang sangat kuat. Tidak salah bila banyak wisatawan yang ketagihan setelah melahap nikmatnya kuliner ikan mujair tersebut.

Fpto : wdb-tabanan.business.site/

Lokasi Wisata Kuliner Mujair Menyatnyat Khas Kintamani

Ketika Anda habis berkunjung ke lokasi wisata alam di Bangli, jangan lupa untuk mengakhiri perjalanan dengan berkunjung di wisata kuliner mujair Menyatnyat khas Kintamani. Rasakan nikmatnya sajian tersebut bersama keluarga/rekan yang Anda ajak.

Tenang saja, tempatnya sudah didukung dengan fasilitas yang mumpuni. Mulai dari kamar mandi, area untuk istirahat, area parkir dan lain sebagainya.

Untuk lokasinya sendiri, wisata kuliner ini terletak di Desa Kawan. Tepatnya berada di areal parkiran Pura Dalem Pingit wilayah Banjar Kawan, Desa Kawan Kabupaten Bangli, Bali.

Bagi yang ingin mencicipinya, cukup berkendara ke desa Kawan. Atau, Anda bisa menaiki bus dan berhenti di desa Kawan. Baru kemudian lanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata kuliner tersebut. Misalnya dengan menaiki ojek agar Anda lebih cepat untuk menuju ke lokasinya.

Pesan secepatnya agar Anda tidak kehabisan menu andalan di Bangli. Sekali Anda mencicipinya, Anda akan ketagihan dengan sajian istimewa di wisata kuliner mujair Menyatnyat khas Kintamani tersebut.