Menelusuri Pesona Situs Batu Gambir Julah Yang Unik dan Menarik

Situs Batu Gambir Julah merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Kabupaten Buleleng, Bali. Situs ini biasanya dikunjungi oleh wisatawan pada hari biasa dan hari-hari libur. Situs yang juga menjadi objek wisata daerah Buleleng ini memiliki tempat yang sangat indah dan mampu memberikan suasana berbeda. Membuat tempat yang satu ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Daya Tarik Situs Batu Gambir Julah

Keindahan Pulau Bali tidak hanya terbatas pada pesona pantainya saja. Ada banyak lokasi menarik lain yang bisa Anda kunjungi sebagai tempat tujuan berlibur. Seperti Situs Batu Gambir Julah yang terletak di Kecamatan Tejakula, Buleleng, Bali. Dengan berkunjung ke objek wisata yang satu ini, waktu liburan Anda selama di Pulau Bali pasti akan terasa lebih berkesan dan menyenangkan.

Ketika berada di situs ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam asri dengan nuansa yang khas dan eksotis. Letaknya yang berada di perbukitan memang menjadikan kawasan situs ini dianugerahi dengan keindahan panorama alamnya yang memukau. Lokasi situs ini dulunya adalah lokasi Pura Bale Agung Desa Julah sebelum akhirnya dipindah ke Dusun Julah yang terletak dibawahnya.

Foto : dewatanews.com

Pada tahun 2005, situs yang merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Buleleng ini pertama kali dilakukan penelitian. Dalam temuannya, di situs ini terdapat beberapa artefak dan ekofak. Baik yang merupakan temuan lepas maupun temuan asosiasi. Selain artefak dan ekofak, terdapat juga benda-benda penemuan lainnya yang berupa fragmen gerabah. Temuan ini merupakan temuan yang paling banyak dihasilkan dengan tipe-tipe semisal tipe piring, paus, kendi dan tutup.

Artefak lain yang juga berhasil ditemukan di kawasan Situs Batu Gambir Julah adalah keramik China. Keramik ini memiliki keragaman temuan, mulai dari kronologis tahun pembuatan hingga bentuknya. Sementara ekofak berupa tulang dan gigi hewan serta lainnya menggambarkan bagaimana aktifitas masyarakat Julah Kuno. Situs ini sendiri adalah situs dengan karakter hunian (settlement). Di mana masyarakatnya sebagian besar bergantung pada perkebunan dan peternakan untuk hidup.

Dengan lokasi pura yang menarik ditambah lagi dengan penemuan-penemuan unik tersebut. Situs ini mampu membuat para wisatawan penasaran sehingga mulai banyak mengunjungi tempat ini. Tidak hanya wisatawan lokal asal kota Buleleng namun juga wisatawan dari luar kota hingga bahkan luar negeri.

Lokasi dan Transportasi

Lokasi Situs Batu Gambir Julah terdapat di Desa Julah, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali. Lokasi ini cukup mudah ditemukan namun jika Anda masih belum begitu paham daerah Buleleng, Anda bisa mencarinya di aplikasi google maps. Caranya yaitu dengan mengetikkan lokasi pura di Buleleng ini pada kolom pencarian. Di google maps sudah ditunjukkan dimana lokasi yang Anda cari.

Kawasan wisata situs di Desa Julah ini memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan yang bisa wisatawan gunakan. Diantaranya yaitu area parkir kendaraan, kamar mandi / MCK, tempat istirahat, rumah makan dan penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam. Fasilitas yang disediakan ini terbilang cukup lengkap untuk objek wisata.