Pesona Keindahan Lava Tumuli Gunung Batur Yang Memanjakan Mata!

Lava Tumuli Gunung Batur menambah daftar panjang keelokan wisata di Kintamani, Bali. Keunikan kawasan membuat banyak wisatawan datang berkunjung. Tentunya untuk menikmati suguhan alam yang tak biasa.

Menikmati akhir pekan atau libur panjang bisa sangat spesial di kawasan ini. Anda bisa merencanakannya dengan keluarga atau sahabat. Khususnya Anda yang ingin menemukan tempat yang instagramable.

Daya Tarik Lava Tumuli

Lava Tumuli Batur merupakan salah satu kawasan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Kawasan ini sudah mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah. Khusunya dijadikan sebagai destinasi wisata bagi wisatawan manapun.

Sejauh ini, wisatawan domestik yang kerap meramaikan tempat ini. Kemudian diikuti oleh wisawatan asing. Terutama saat libur nasional tiba ataupun akhir pekan.

Biasanya, pengunjung yang datang adalah anak-anak muda. Tetapi beberapa orang dewasa juga suka berdatangan. Apalagi bagi yang memiliki pasangan.

Ramainya pengunjung disebabkan oleh keunikan alamnya. Namanya adalah Lava Tumuli Gunung Batur. Ini diambil dari beberapa kata yang sejatinya mewakili makna dari kawasan tersebut.

Disebut sebagai Lava Tumuli lantaran kawasan ini terbentuk dari gumpalan lava yang mengeras. Gumpalan ini membentuk sebuah pegunungan kecil dengan kemiringan tertentu.

Gumpalan-gumpalan lava yang padat menyerupai bongkahan-bongakahan batu pecah. Warnanya hitam dan tersebar di hampir seluruh area.

Di samping bongkahan batu (lava padat), tumbuhan tumbuh subur. Mulai dari pepohonan dan ilalang. Tumbuhan ini seakan memberikan paduan sempurna dari bongkahan lava hitam tersebut.

Dari perpaduan ini memunculkan nuansa yang tak biasa. Apalagi setelah banyak wisatawan yang mengunggahnya di media sosial. Dengan latar belakang alam yang cantik, hasil jepretan kamera tampak sempurna.

Beberapa orang memanfaatkan kawasan ini sebagai area pengambilan foto prewedding. Sementara sebagian besar orang hanya mengabadikannya dalam bentuk foto dengan berbagai pose. Yang jelas, ada kesan tersendiri ketika bisa mengambil foto di kawasan tersebut.

Lokasi Lava Tumuli Gunung Batur

Berkunjung di kawasan ini tak ada ruginya. Ini sudah dibuktikan oleh banyak pengunjung. Apalagi bagi Anda yang gemar mengambil foto tentang alam.

Kawasan ini dibentuk dari lava yang memadat akibat tekanan hidrostatik. Tekanan ini membuat maha karya yang sangat unik. Yakni bukit elips seperti yang dijumpai di kawasan Seked.

Anda yang memiliki banyak waktu di Kintamani perlu berkunjung di kawasan ini. Letaknya cukup dekat. Ketika berhenti dari bandara Ngurah Rai, pengunjung perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam.

Lokasi utamanya berada di Desa Songan, Kec Kintamani Kab Bangli, Bali. Lokasinya berdekatan dengan sejumlah obyek wisata populer. Diantaranya adalah Air Terjun Dusun Kuning, Desa Tradisional Penglipuran serta Wisata Besakih.

Ketika Anda sedang merencanakan liburan di salah satu obyek wisata di atas, jangan lupa untuk memasukkan Lava Tumuli ini dalam daftar kunjungan. Setidaknya, kawasan ini bisa melengkapi perjalanan Anda agar semakin berkesan.

Yang perlu diperhatikan, jaga keselamatan. Anda sebaiknya menggunakan sepatu ketika menapakkan kaki di atas bebatuan tersebut. Karena kebanyakan batu hitam ini cukup keras dan runcing.

Jika sudah melengkapi keamanan, silahkan jelajahi area tersebut sambil mengabadikan berbagai momen yang ingin diciptakan. Sebagian besar pengunjung mampu menghasilkan gambar menarik dan biasanya dibagikan di akun media sosialnya seperti instagram dan lain sebagainya.

Itulah sekilas mengenai keindahan alam yang disuguhkan di kawasan lava tumuli. Jika Anda ingin menikmati suasana alam yang tak biasa, jangan pernah lewatkan untuk berkunjung di Lava Tumuli Gunung Batur ini.

Sumber foto Lava Tumuli Gunung Batur via balitoursclub.net