Pesona Asri Danau Buyan di Sukasada Buleleng Bali yang Menakjubkan

Merupakan salah satu objek wisata paling dicari, Danau Buyan di Sukasada Buleleng Bali memang tak pernah sepi dari wisatawan. Pemandangan danau yang asri ditambah suasana alam yang menenangkan menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang nyaman. Bukan hanya bagi penduduk dan wisatawan lokal, pesona danau ini juga mulai menarik wisatawan asing untuk berkunjung.

Foto : Wikipedia

Pesona Alam Danau Buyan

Keindahan alam Pulau Dewata Bali memang seolah tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Tidak hanya sebatas laut dan pantai, Bali juga menyimpan pesona alam lainnya seperti Danau Buyan di Sukasada Buleleng Bali. Berada di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, danau ini menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan.

Objek wisata danau di Sukasada Buleleng ini merupakan satu dari tiga danau kembar yang terbentuk di dalam sebuah kaldera besar. Menjadi danau yang terbesar diantara ketiganya, danau ini diapit oleh dua danau lainnya, yakni Danau Tamblingan di sebelah barat dan Danau Beratan di sebelah timur.

Danau Tamblingan dan Buyan dipisahkan oleh hutan yang panjangnya kurang lebih mencapai 1 km. Dengan sebuah kolam yang terhubung langsung dengan danau melalui sebuah kanal kecil, yang oleh mayarakat sekitar dinamakan dengan Telaga Aya. Karena jarak antar kedua danau yang sangat berdekatan, Danau Tamblingan dan Buyan juga sering disebut sebagai danau kembar di Bali. Berbeda jauh dengan Danau Beratan yang berada di pinggiran jalan Singaraja-Denpasar.

Kondisi alam di sekeliling danau hingga kini terbilang masih sangat asri dan terjaga keasliannya. Pesona pantainya yang sederhana tanpa adanya banyak fasilitas modern kian menambah nuansa alam yang asri. Perahu-perahu kecil buatan sendiri milik para nelayan yang berjejer di bibir pantai juga seakan menyambut kedatangan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata danau di Buleleng ini.

Foto : Wisatalova.com

Selain pemandangan danau yang memukau, penduduk lokal juga sangat ramah kepada wisatawan. Fasilitas dan pelayanan yang disediakan di kawasan wisata Danau Buyan di Sukasada Buleleng ini juga cukup lengkap. Mulai dari area parkir, kamar mandi, warung makan, tempat istirahat hingga penyewaan perahu dan lain sebagainya. Namun meski begitu, tetap pastikan untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan.

Lokasi dan Transportasi

Lokasi wisata danau ini terletak di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng Bali. Secara administrasi, objek wisata ini masuk dalam wilayah Kecamatan Sukasada yang berjarak sekitar 21 km di selatan Kota Singaraja.

Jika berencana berkunjung ke danau ini, Anda bisa memilih transportasi yang ingin Anda gunakan. Anda bisa membawa kendaraan pribadi seperti motor dan mobil atau naik kendaraan umum seperti bus dan transportasi umum lainnya. Jika ingin membawa kendaraan pribadi Anda bisa meminta panduan arah ke Objek Wisata Danau Buyan di Sukasada Buleleng Bali di maps smarthphone Anda agar tidak kesasar.

Namun jika Anda berencana menggunakan kendaraan umum, Anda bisa melakukan pemberhentian di Kecamatan Sukasada. Kemudian berlanjut menuju Desa Pancasari hingga sampai ke lokasi wisata yang dituju. Untuk mencapai titik lokasi ini, Anda bisa menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi.

Untuk merencanakan perjalanan menuju objek wisata ini, sebaiknya hindari berkunjung pada saat musim hujan agar waktu liburan Anda tidak terganggu. Selain itu, persiapkan barang bawaan yang dibutuhkan mulai dari bekal, air minum, uang, baju ganti, obat-obatan serta kamera untuk mengambil foto selama berlibur.

Jangan lupa juga untuk tetap menjaga kondisi badan tetap fit agar Anda bisa menghabiskan waktu liburan bersama teman-teman dan keluarga di Danau Buyan Sukasada Buleleng Bali dengan menyenangkan.